Typical Ultimate Batubara

Zodized, seperti yang sebelumnya saya tuliskan tentang analisa nitrogen dan analisa Carbon dan Hidrogen yang merupakan rangkaian dari analisa ultimate. Sebenarnya nilai - nilai ini memiliki kehasan tertentu berdasarkan tingkatan batubara itu sendiri.
Misalkan Nilai kadar Carbon pada batubara bituminus akan sangat berbeda dengan nilai Carbon pada batubara lignit.
Nah untuk itu saya akan menampilkan karakteristik atau typical Ultimate batubara berdasarkan tingkatannya.
Berikut adalah tabelnya. Untuk tambahan berbagai analisa dalam batubara silahkan baca juga Penentuan Kualitas batubara.
Dalam tabel tersebut saya tampilkan juga nilai panas atau kalori typikalnya.


88 comments for "Typical Ultimate Batubara"

  1. wahhh imu baru untuk saya ni! terima kasih... thumbs up untuk kamu!

    ReplyDelete
  2. Pertama kali visit... Uh, all about batu bara ada disini. Lumayan ilmunya buat bikin-bikin cerita science fiction...hihi

    salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia silahkan. salam kenal juga kang.

      Delete
    2. #celingak celinguk, nggak ada salam tempel nih?

      Delete
    3. salam tempel boleh lah...

      Delete
    4. Sni sy tempel mang aduls mau pke ap?

      Delete
  3. lignite...kandungan oxigennya tinggi jg ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia betul sekali karena batubara tersebut adalah batubara muda. baru lahir

      Delete
    2. ada jenis kelaminnya ya?

      Delete
    3. Itu bkn jenis klamin kang. Hahahaha

      Delete
    4. Kalo baru lahir, diaqiqah haaha

      Delete
  4. saya mencoba memahami tabel2 nya nih mas.
    setelah berkali2 mencoba alhamdulillah masih gagal faham

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, tepat sekali yang mas yanto bilang. setelah mencoba di pahami dan hasilnya malah bingung :D

      Delete
    2. hahahahaaa...payah masa yang ginian aja gak pada paham sih?
      padahal saya juga kagak ngarti wkwkwkk...

      Delete
    3. Dikirain saya aja yg bingung.:D
      yang lain juga sama ya. Wkwkww

      Delete
    4. saya justru gagal paham baca komentar diatas..wkwkwk #Kabur

      Delete
  5. mencoba untuk memahami dulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kang di coba. Mudah2an berhasil. Aamin

      Delete
    2. Kalo berhasil, ntar dikasih es krim deh...

      Delete
    3. @ teh khusna, bagi dong eskrimnya

      Delete
  6. bisa ke Kalimantan jadi konsultan batubara nih bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mangs inih yg tim surveynya Ustadz.. menganlisa.. kadar tanah.. hiiiihihih

      Delete
    2. Harus ada ustadnya lah biar hasil analisanya. Mengandunh ibadah. Kan jadi pahala. Biar g asal. Heheehe

      Delete
    3. @ menunduk diam...me dengarkan para ahli.

      Delete
  7. bagi saya susah ngertinya kang, tabelnya ga ada merahnya ya, kan besok libur hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Libur gak libur saya lagi gak semangat teh, tadina mah hoyong balik ari geus mah teu jadi

      Delete
    2. Saya baru ngeh pahi ini. Kalo umat ini merah. Lupabteh ga saya merahi. Hahaa

      Delete
    3. kamusnya habis .hahaha

      Delete
  8. Saya ikut menyimak saja mas ... salam kenal ya ...

    ReplyDelete
  9. yg dipake masak, tipenya yg kayak bagaimana Mangs?..
    pernah ambil beberapa bongkahan batu bara.. dari sisa2 pemuatan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bongkahan akik atau kecubung pernah nggak bang

      Delete
    2. Kalo yg di pake masak itu sudah di proses namanya Briket.

      Delete
    3. Nah kalo briket, saya tau

      Delete
  10. Haruuuhh...bingung saya mau komentar apa nie mang? teu ngarti urang mah lur :D

    ReplyDelete
  11. ternyata banyak juga ya mas tipenya saya kira semua batu bara sama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kang denny. Itu sudah digolongkan oleh ahlinya

      Delete
    2. kelebihan batu bara yang tipenya paling bagus apa mang?

      Delete
    3. bagus engga nya batubara di tentukan oleh penggunaannya. jadi kelebihannya alat akan awet dan pembakaran akan sempurna.

      Delete
  12. Saya tidak mengerti
    Tentang batubara ini
    Yang menghasilkan panas api
    tapi akan terus memahami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak anis ayu memang jago berpuisi

      Delete
    2. mba anis mang mba puisi. pengen rasanya minta bikinkan puisi batubara. wkwkwkw

      Delete
  13. ini mah pelajaran IPA yah kang, kalo saya mah engga ngerti yang ginian,dulu ngambil jurusan nya IPS :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inimah pelajaran batu.

      Delete
    2. akik saya mana akik saya

      Delete
    3. akiknya udah pulang :)

      Delete
    4. Hah IPS ? sama donk wkwkkw

      Delete
    5. batu kecubung ada ga..?? mau diduetkan sama tanaman kecubung saya wkwk..

      Delete
    6. hahahahahaha. digantung di bunga kecubung:)

      Delete
    7. tukang batu vs tukang tanaman :D

      Delete
    8. Jadi aja batubara ya kang.

      Delete
    9. jadinya tanaman makan batu.hehehe

      Delete
  14. nah ini dia ilmu banget sebenarnya. terutama kalo kita berada di bisnis batubara.

    ReplyDelete
  15. pusing juga ini kepala untuk memahami dan mencerna. nama atau istilah serba asing.

    ReplyDelete
  16. Lieur kang lihat tabelnya juga :D, Tak pahami dlu kang (sambil mnum kopi item) :D

    ReplyDelete
  17. saya nyimak aja ya Kang. maklum, nggak ngerti soal diatas itu tuh..xixixi

    ReplyDelete
  18. terusan yang kemarin ni mas... *dipelajari*

    ReplyDelete
  19. Taunya briket batu bara yang buat kompor masuknya kategori mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu batubara sudah di pruduksi mas.

      Delete
    2. sumbernya batubara koking ( http://www.zodized.in/2014/11/batubara-koking-coking-coal.html )

      Delete
  20. berkunjunbg kemari jadi nambah wawasan terutama mengenai batu bara,terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sami sami teteh. saya seneng jika teteh seneng

      Delete
  21. Ikut nimbrung Mang...
    Wah, jadi tambah ilmu baru nih mang...senengnya ya kalau ngeblog, punya banyak temen dari dunia yang beragam (bukan dunia qoib lo yaa...haha). Salah satunya Mang Aduls yang berbagi banyak ilmu perbatubaraan.... Makasih Mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya seneng sekali kalao bikin orang seneng nih. semoga bermanfaat teh

      Delete

Silahkan berkomentar