Sikap Ayam Yang Lucu

Ayam, ya itulah yang saya ingin bahas hari ini. Mebahas binatang memang belum banyak dalam blog ini. Setelah sebelumnya saya mebahas Nyamuk raksasa, undur - undur dan bencengkrama dengan alam liar. Kali ini saya ingin berbicara tentang ayam.
Tepatnya ayam kampung yang ada di rumah.
Pagi - pagi sekali setelah anak saya ngamuk di rumah karena sedang sakit, jadi aja rewel. Mohon doanya biar cepat sembuh . Sebelum bekerja saya ajak dulu main - main kebelakang rumah biar tidak rewel.
Di sana ada ayam betina dengan 2 ekor anaknya. Yap 2 ekor anaknya yang masih kecil.

Ada yang menarik padanya, yaitu sikap sayang.

Sikap sayang seperti apa?



Se ekor ayam betina dengan penuh kasih sayang menjagai 2 ekor anaknya tanpa lelah.
Nah yang paling unik adalah anaknya. Ternyata sang anak ayam juga sangat sayang pada ibunya.

Terlihat saat itu anak ayam sedang membantu mamahnya memebersihak bulu - bulunya yang gatel.

Ketika itu yang saya lihat emak ayam sepertinya sedang ke gatelan, entah karena kutunya atau entahlah. Saya menyebutnya sedang kegatelan.
Lalu yang luar biasanya sang anak ayam malihat mamanya ke gatelan ternyata dia membantu dengan mengaruknya menggunakan paruhnya. Ya dipatuk - patunyalah bagian yang gatelnya.
Sampai - sampai sang anak ayam menaiki induknya untuk menggaruk kepala mamanya.
Ini adalah pemandangan saling sayang yang sayah saksikan pagi ini di belakang rumah.
Sayang antara anak ke orangtua. Luarbiasa.

Ini gambarannya :

Induk ayam sedang kegatelan dan Berusaha Mengaruk





Sang Anak Mebantu Menggaruk Gatelnya si emak






Itulah sepenggal kisah kasih sayang se ekor anak ayam sama emaknya.
Kita manusia apakah lebih hebat dari ayam itu?......
Silahkan anda jawab masing - masing.


Subscribe to receive free email updates:

115 Responses to "Sikap Ayam Yang Lucu"

  1. lucu juga ya melihat tinggak anak beranak ayam ini mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutan bertingkah aja mas :)

      Delete
    2. Ia kang yanto lucu dan mnarik tap[i jgn jadi ayam . hahahaha

      Delete
    3. salam jumaat...kasih sayang itu indah.

      Delete
    4. eh saya kemarin itu nulis apaan tinggak tuh tingkah kali maksudnya
      hadeuh

      Delete
    5. hehehehe kang yanto. sayah tau aja maksdunya kang.

      Delete
    6. iya saya juga tahu, maksudnya tingkah itu... blm ngopi kali Kang Yanto .. :D

      Delete
    7. kopi pait mana kopi pait

      Delete
  2. loh saya dapet pertamax toh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadi lupa nggak bawa jerigen

      Delete
    2. hadiahnya ambil kang. kulkas 5 pintu di pon bensin

      Delete
    3. engga. taun depan hahahahahaha.....

      Delete
    4. saya dapt hadiah nggak mang ? .. dapet dong xixixii

      Delete
    5. dapat kang jerigen di pom bensin :D

      Delete
  3. selidik juga ya kang adul merhatiin ayam sampe segitunya.. cinta ya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending merhatiin teteh :)

      Delete
    2. hahahhahahahha. jadi malu saya ktauan merhatikan ayam.

      Delete
    3. awas mas wong ada yang marah nanti :)

      Delete
    4. nah tuh datang mas wong

      Delete
  4. haha.. nggak ikut sekalian bantuin nggaruk mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malu dy mas kalo di omongin ikut nggaruk hehehe...

      Delete
    2. garuk apa dulu nih... kalo batu bara udah sering :D

      Delete
    3. ga ah mas wong takut kena kutunya.
      tapi bener juga mba nikmah nih tau aja dia. hahaha
      Maksudanya garuk pake batubara ya biar ilang gatel nya

      Delete
    4. garuknya pakai Kobelco mas...

      Delete
    5. kalo pake itumah kang. ke garuk saya rumah sayanya

      Delete
  5. ini ayam cemani ya mas, kok warnanya hitam

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut studi yg di peroleh, itu ayam kampung

      Delete
    2. ayam kampung kang . mungkin karena ga mandi jadi hitam.
      studi apa kang fazri

      Delete
    3. nah mang yanto bener tuh

      Delete
    4. brarti ayam kampung kudu berkunjung ke ayam camanik. hahaha ada - ada ajah

      Delete
  6. saya jadi inget dulu dikejar-kejar induk ayam mau dipatok saya gara-gara gangguin anaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya kang ijin dulu kalo mau ganggu.

      Delete
    2. brarti teh santika sering ganggun tu kang

      Delete
    3. sering gangguin maksdnya

      Delete
    4. hha induknya galak maka kenceng larinya haha

      Delete
    5. hahahaha. sayah juga punya pengalaman dulu waktu kecil di cakar ayam. kata saya gini ke emak. andaikan itu ayam saya, akan saya sembeleh.
      eh besoknya saya makan daging ayam.
      pas saya ngomong tumben mak sama yam makannya.
      kan kemarin katanya andai ayam kamu. akan di sembeleh. itukan emang ayam kamu. hahahah gubrakkkk

      Delete
    6. haha tapi jadi makan enak :D

      Delete
  7. sekali lagi kita harus meniru binatang haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ka lo itu mempunyai nilai positip ya gpp lah kang. asal jgn yang negatipnya ajah

      Delete
  8. lucu ya melihat ayam kampung kegatelan,,,
    kalo yang gatelnya ayam kampus, lucu gak yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itumah kena panu kang. atau kalo ga panu bisul kang

      Delete
  9. hehe..membantu menggaruk
    mf ya baru sempat mampir :)

    ReplyDelete
  10. itu Induk sama anaknya, yang jantan dimana ya Mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini dia pertanyaan anak saya. pah itukan mamahny ayam sama anak nya lah bpkny akemana?
      kataku bpknya kerja cari duit. hahahahahaha

      Delete
    2. Anonymous25/4/15 02:44

      lagi kerja kali mbak
      tumben nih nanya bapaknya....

      Delete
    3. kangan bpknya kali mbah.

      Delete
  11. Ayamnya punya insting...bisa saling menyayangi...Ayam aja bisa, masa manusia banyak yg tidak akur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali masa kita kalah sama ayam ya. kasian kasian.....

      Delete
    2. Ayamnya jadi guru aja kalo gitu, buat para anak anak yang gak akur...

      Delete
    3. yang ada malah di goreng kang ayamnya

      Delete
  12. lucu juga ya melihat polah tingkah ayam,hehe tuh hewan aja punya rasa kasih sayang ya mas apalagi manusia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali teh defa. jgn sampai kalah kita. jgn sampai mendengar membuang anak lagi dipinggir jln atau anak menusuk orang tuanya sendiri. malu sama ayam

      Delete
    2. Anonymous25/4/15 02:41

      anak ayam belajar mijit tuh sama mamanya

      Delete
    3. Anonymous2/5/15 02:31

      Betul itu kata Mangs Aduls, masa manusia kalah sama ayam hehe

      Delete
  13. kasih sayang mama ayam ini adalah kasih sayang yg tanpa syarat, memang sudah naluri makhluk hidup...bahkan harimau pun yg binatang buas jg sangat menyayangi anaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali teh. jgn sampai kedenger lagi mama buang anak atau anak buang mama. mala tuh sama ayam

      Delete
  14. Wahahahah kok sama sih. Saya juga suka mendokumentasi kan foto foto satwa di sekitar saya Mulai dari Bebek, Anjing tetangga yang berisik terus kalau sore, sama Kucing yang sering bernatem dan lain sebagainya

    ReplyDelete
  15. Anak ayamnya kayak lagi mijitin ibunya haaa

    ReplyDelete
  16. ayam aja sayang banget sama anak nya, apalagi manusia ya gan, harus lebih sayang sama anak anak nya walaupun cuma 1 anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu anak biasanya malah berlebihan sayang
      tapi ya tetap penyayang

      Delete
    2. betul sekali kang aidil

      Delete
    3. 1 atupun 10 sayangnya sama mba kayanya

      Delete
    4. Anonymous25/4/15 02:39

      sama-sama sayang ya gan

      Delete
  17. Begitulah kasih sayang
    Membuat rasa senang
    Apa yang kita pandang
    Seperti emak dan anaknya tersayang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih anak dan ibu
      Moga bahagia selalu

      Delete
    2. bagus teh anisa kata-katanya
      dan makin mantap dengan kata-kata dari mba fidah nih,
      okeh

      Delete
  18. wah mang aduls ada bakat jadi wartawan discovery channel sampai moment seperti ini diperhatikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ajah pak ustad. :)

      Delete
    2. Anonymous25/4/15 02:34

      pak ustad bisa aja deh ih

      Delete
  19. Harusnya divideoin kang....

    ReplyDelete
  20. gax hanya manusia ya kang yang bisa cinta dan sayang thdp anaknya, tetapi hewan/binatangpun mempunyai rasa sayang thdp anak2nya. Bayangkan sisi positif yang bisa kita pelajari dengan ayam ini, 1 ibu bisa merawat dan menjaga 2-3 anak2nya bahkan lebih , tapi kita sebagai manusia ( 2-3 anak) , belum tentu bisa merawat 1 ibu, ngerti gax kang mksd saya ? kalau kurang ngerti mnding kta ngopi item dlu yu wkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous25/4/15 02:30

      tambah susu biar mantab

      Delete
    2. kalo udah brewok ginimah ya tinggal kita yang balas budi nih sama si emak sama si apa. hehehe
      ya gpplah mba membelikan susu juga :D

      Delete
  21. Anonymous25/4/15 02:26

    tuh anak ayam aja bisa bantu emaknya....masa kita gak bisa....
    blogger pasti bisa bantu ibunya...heheheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mba masa sih ga bisa bantuin ortu ya.

      Delete
  22. Insya Allah kita lebih hebat dari Ayam tersebut karena kita diberi akal kasih sayang kita kepada emak atau kepada anak akan jauh lebih sempurna sesuai dengan fitrah kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mudah mudahan kang.

      Delete
    2. harusnya begitu kang ustad

      Delete
  23. Bener-bener lucu juga ya saya jadi terhibur dengan melihatnya. ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayah sangat seneng nih kalao ada yang seneng dengan tulisan sayah. temikasih kang

      Delete
  24. induk ayam kegatelan terus di patok sama anaknya.... kalau gak ada gambarnya mungkin gue gagal fokus... hehe

    ReplyDelete
  25. Ayamnya Mang Adul pasti banyak deh... iya kang Mang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emmm kasih tau ga ya. hahahahahha.................

      Delete
  26. saya sebagai manusia pasti lebih sayang sama orang tua.hehe
    masa gue kalah sama anak ayam sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia masa kalah ya. jgn sampe kang

      Delete
  27. hadir untuk perdana nya gan ikut nyimak aja ayamnya kalo di jual berapa yah agan tapi sekalian sama emak dan anaknya hehehehehe salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kang. kalo mau beli ayam boleh lah datang aja ke sayah

      Delete
  28. Mas, lucu juga melihat anak ayam ini, sepertinya insting kehewanan itu memang sunnatullah.. hehehe itu foto aslinya kan mas?

    ReplyDelete
  29. Oo..Mangs.. belom diteliti lebih dekat tuh..
    anak ayamnya bukan karna sayang dg mamahnya, di sini ada sistem saling menguntungkan antara anak ayam dan mamahnyan Mangs.. hehehe

    mamahnya banyak ketombenya
    anaknya seneng makan ketombe

    mamahnya ilang ketombenya
    anaknya jadi kenyang


    kanapa inih bisa saya tau Mangs?..KARNA LAGI DI KANDANG AYAM....HAHAHAHAHAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaah jadi ikutan ngamati ayam nih kang ceritanya.

      Delete
    2. jgn2 jadi tren nih mengamati ayam. :D

      Delete
  30. anak ayamnya tau tuh mas, baru aja hari kartini, jadi ingin berbakti kepada ibundanya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ia juga kang. baru ke ingetan sama sayah........

      Delete
  31. ngakak,mang kenapa kaga di video aja, -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamera tidak mendukung kang. hahhahahha

      Delete
  32. Anonymous2/5/15 01:11

    Itu namanya ayam unik +lucu mas, tingkahnya aja kayak gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ayam kampung mas. say ga tau kalo ayam negri :D

      Delete

Silahkan berkomentar