Setidaknya 1 sampai 3 Planet Bisa Layak Huni

Pemirsa zodized, ada kabar yang bisa dibilang mengejutkan berdasarkan info yang didapat dari teleskop NASA ada 1sampai 3 buah planet layak huni.
Begini Informasinya
Setelah memperhitungkan kemungkinan dari banyak planet yang mengorbit di zona Goldilock, yakni sabuk di sekitar bintang yang memiliki suhu ideal untuk memiliki air di permukaan. Artinya, kehidupan alien dipercaya eksis di planet ini.
"Menurut statistik dan indikasi yang kami miliki, sebagian besar planet yang layak huni planet yang padat. Ada kemungkinan air dan kehidupan di sana," ujar Steffen Kjaer Jacobsen, astronom dari University of Copenhage berdasarkan perhitungan teleskop NASA yaitu Kepler. Ada sekitar 1.000 planet yang mengorbit bintang di galaksi. Bahkan Kepler mengidentifikasi adanya 3.000 kandidat dunia alternatif selain bumi.
"Kami memutuskan untuk menggunakan metode hukum Titus-Bode untuk mengkalkulasi potensi posisi planet dalam 151 sistem planet. Satelit Kepler mengaku telah menemukan sekitar tiga sampai enam planet. Hukum Titus-Bode sangat cocok dengan posisi planet dalam 124 sistem planet yang ada di alam semesta," kata Jacobsen.
Hukum Titus-Bode diformulasikan pada 1770 dan mengkalkulasi dengan tepat posisi Uranus sebelum planet itu ditemukan. Hukum itu menyatakan jika ada beberapa rasio antara periode orbital planet dalam sebuah tata surya. Rasio antara periode orbital dari planet pertama dan kedua memiliki rasio yang sama antara planet kedua dan ketiga, begitu seterusnya.

Ini artinya, kita dapat mengetahui seberapa lama sebuah planet membutuhkan waktu untuk mengorbit bintang. Ini juga bisa mengkalkulasikan berapa lama sebuah planet lain membutuhkan waktu untuk mengorbit. Serta bisa mengkalkulasi posisi dan sistem planet. Dengan hukum TB ini, ilmuwan juga bisa mengkalkulasi planet yang hilang sewaktu-waktu.

Dengan cara ini, Jacobsen menuturkan, para ilmuwan memprediksi ada total 228 planet dalam 151 sistem dan setiap sistem memiliki rata-rata satu sampai tiga planet di zona layak huni.

Inilah yang membuat astronom yakin jika ada miliaran bintang di galaksi yang memiliki planet dengan zona layak huni, dengan air di permukaan dan tanda-tanda kehidupan. Para ilmuwan, yang menulis temuan ini dalam jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, telah mendaftarkan setidaknya 77 planet tersembunyi.


http://teknologi.news.viva.co.id

11 comments for "Setidaknya 1 sampai 3 Planet Bisa Layak Huni"

  1. saya yakin dan percaya, Tuhan pasti nggak hanya memberi bumi sebagai tempat kehidupan di alam raya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan ya bisa terbang ke planet lain?
      naik apa yuk kita bareng2 dari sini?

      Delete
    2. nanti mungkin pas doraemon sudah bisa dibuat. heheheh

      Delete
  2. Hukum Titus Bode ya? saya lupa-lupa ingat, pelajaran di SMA itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya saya diluar kepala semuanya. wkwkwkw

      Delete
  3. 77 planet tersembunyi? nanti pun akan bertambah seiring dengan perkembangan pengetahuan manusia

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalo besok bisa lain lagi jumlahnya bisa jadi bukan 78 atau 79 atau 80. Tapi sudah 212

      Delete
  4. Nanti deh mang kalo saya dah bosen dibumi mau pindah ajalah hehehe....
    Sebenernya saya juga udah jenuh mang tinggal di Indonesia, saya pengen pindah ke Bandung gituh ahahaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehehehe.
      Saya kira bandung masih endonesia.
      Beda planet ya sekalinya.
      :)
      hayu atu kang gera uih ka bandung

      Delete

Silahkan berkomentar