PENYUSUN BATUBARA

Zodized.in, batubara merupakan suatu bahan berbentuk batuan yang bisa dijadikan bahan bakar. (Baca tentang mengenal batubara) Dan tentu batubara ini tersusun dari berbagai macam jenis penyusun batuan tersebut. Berikut adalah bahan atau senyawa yang menyusun batubara.

Lignin, Lignin merupakan suatu unsur yang memegang peranan penting dalam merubah susunan sisa tumbuhan menjadi batubara.

Karbohidrat, Gula atau monosakarida, Bentuk lainnya mucul sebagai disakarida, trisakarida, ataupun polisakarida. Jenis polisakarida inilah yang umumnya menyusun batubara, karena dalam tumbuhan jenis inilah yang paling banyak mengandung  polisakarida (khususnya selulosa) yang kemudian terurai dan membentuk batubara.

Protein, Protein merupakan bahan organik yang mengandung nitrogen yang selalu hadir sebagai protoplasma dalam sel mahluk hidup. Struktur dari protein pada umumnya adalah rantai asam amino yang dihubungkan oleh rantai amida. Protein pada tumbuhan umunya muncul sebagai steroid, lilin.

Resin, Resin merupakan material yang muncul apabila tumbuhan mengalami luka pada batangnya.

Tanin, Tanin umumnya banyak ditemukan pada tumbuhan, khususnya pada bagian batangnya.

Alkaloida, Alkaloida merupakan komponen organik penting terakhir yang menyusun batubara. Alkaloida sendiri terdiri dari molekul nitrogen dasar yang muncul dalam bentuk rantai.

Porphirin, Porphirin merupakan komponen nitrogen yang berdasar atas sistem pyrrole. Porphirin biasanya terdiri atas suatu struktur siklik yang terdiri atas empat cincin pyrolle yang tergabung dengan jembatan methin. Kandungan unsur porphirin dalam batubara ini telah diajukan sebagai marker yang sangat penting untuk mendeterminasi perkembangan dari proses coalifikasi.

Hidrokarbon, Unsur ini terdiri atas bisiklik alkali, hidrokarbon terpentin, dan pigmen kartenoid. Ini menandakan bahwa struktur rangka tetap utuh selama proses pematangan, dan tidak adanya perubahan serta penambahan struktur rangka yang baru.

Konstituen Tumbuhan yang Inorganik (Mineral), Selain material organik yang telah dibahas diatas, juga ditemukan adanya material inorganik yang menyusun batubara. Secara umum mineral ini dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu unsur mineral internouse dan unsur mineral eksternaous. Unsur mineral internouse adalah material inorganik yang berasal dari tumbuhan yang menyusun bahan organik yang terdapat dalam lapisan batubara. Sedangkan unsur mineral eksternouse merupakan unsur yang dibawa dari luar kedalam lapisan batubara, pada umumya jenis inilah yang menyusun bagian inorganik dalam sebuah lapisan batubara.

Nitrogen pada batubara pada umumnya ditemukan dengan kisaran 0,5 – 1,5 % w/w yang kemungkinan berasal dari cairan yang terbentuk selama proses pembentukan batubara.

Oksigen pada batubara dengan kandungan 20 – 30 % w/w terdapat pada lignit atau 1,5 – 2,5 % w/w untuk antrasit, berasal dari bermacam-macam material penyusun tumbuhan yang terakumulasi ataupun berasal dari inklusi oksigen yang terjadi pada saat kontak lapisan source dengan oksigen di udara terbuka atau air pada saat terjadinya sedimentasi.

Variasi kandungan sulfur pada batubara berkisar antara 0,5 – 5 % w/w yang muncul dalam bentuk sulfur organik dan sulfur inorganik yang umumnya muncul dalam bentuk pirit. Sumber sulfur dalam batubara berasal dari berbagai sumber. Pada batubara dengan kandungan sulfur rendah, sulfurnya berasal material tumbuhan penyusun batubara. Sedangkan untuk batubara dengan kandungan sulfur menengah-tinggi


Subscribe to receive free email updates:

64 Responses to "PENYUSUN BATUBARA"

  1. oh ada kandungan karbohidrat dan gulanya juga ya....

    ReplyDelete
  2. ia teh dalam rantai yang lebih komplex.

    ReplyDelete
  3. ijin nyimak dan membacanya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangga silahkan kang. di obok obok juga gpp :)

      Delete
  4. wah boleh jadi menteri energi nih bang tahu susunan batubara
    Penawar disitu yang ia maksud adalah Ali Bin Abi Thalib yang begitu mereka sanjung bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga mau ah jadi mentri. hehehe
      kalo ali bin abi thalib saya ngepens kang

      Delete
  5. kalo ngomongin masalah atu bara jadi ingat masa penjajahan belanda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa tuh kang dengan belanda

      Delete
  6. banyak orang yang kreatif, menjadikan batu bara sebagai bahan bakar utk kompor,
    ternyata didalam batu bara terdapat kandungan gula dan karbohidrat juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi tidak bisa dikonsumsi kang. iktannya sudah komplex

      Delete
    2. hanya sebagai penyususn awalnya saja.

      Delete
  7. Kapan ya bisa jadi pengusaha batubara......

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang juga bisa kang

      Delete
    2. nah betul langsung saja.....
      kalo sudah sukses jgn lupa bagi bagi

      Delete
    3. modalnya berapa emang, kalo seribu duaribu ane mau :D

      Delete
    4. wah ini pertanyaan sangat sulit nih.Menyerah dah....
      hahaha...........

      Delete
    5. mil milan kalau ini mah

      Delete
  8. langsung mulai saja kang.

    ReplyDelete
  9. kandungannya sangat baik dan berguna untuk pembangkit energi, kalau aku makan batu bara, trus jd super hero "batubara women" siapa yang tanggung jawab coba, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa kata dunia ya teh :D

      Delete
    2. emmmmm siapa ya teh. bet men aja teh yang tanggung jawab. :D

      Delete
    3. aku siap jadi tungkunya,,eh

      Delete
  10. Replies
    1. silahkan gratis.....

      Delete
    2. Kalau ada bang Zach Flazz , kita malah disuruh BAYAR

      Delete
    3. untung bang zach ga denger ya..

      Delete
  11. kalau yang ginian saya bner blum ngerti mas,sambil belajar aja disimak-simak dulu..

    ReplyDelete
  12. Bisnis batu bara bakal menjanjikan ga iya untuk hidup di masa depan yang cerah? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya menjajikan saja. PLTU kan pake batubara.

      Delete
    2. tapi perlu dipelajari dulu lebih jauh sebelum memulai bisnis ini jika tidak ingin gulung tikar seperti tomy kurniawan ;)

      Delete
    3. siapa itu tomy kurniawan kang mas rip :)

      Delete
  13. batu bara bisa di jadikan bahan bakar.... pake' ini saja ah bensin kan sekarang naik.... :) hihi
    keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kang. dijadikan bubur dulu batubaranya. :)

      Delete
    2. Anonymous1/4/15 16:40

      kayaknya bisa aja gan, karena jaman dulu kereta juga bapek batu bara kan?

      Delete
    3. ganti model mesin ya mbah.

      Delete
  14. Anonymous1/4/15 16:39

    salut ane gan...bisa tau bahan penyusun batu bara. ini sangat penting juga diketahui, apalagi buat orang yang berkecimpung dalam dunia jual beli batu bara....

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari dari buku mbah. sebenernya buat persentasi tapi sekalian di tulis aja disini bagian - bagian tertentunya. hehehehe.

      Delete
    2. sambil menyelam minum air yamas

      Delete
    3. sebenarnya minum air tapi klelep mas yanto. hehehehe

      Delete
  15. saya baru tau bahan penyusun batu bara,ternayata dalam batu bara terdapat kandungan karbohidrat dan gulanya.berarti batu bara memang bagus jadi bahan penambah energi.Teriamakasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa di konsumsi kang. gula hanya sebagai bahan dasarnya saja merupakan nbagian dari tumbuhannya. kalo sudah jadi sekarang bentuknya sudah rantai komplex

      Delete
  16. Replies
    1. Betul sekali kltim memng banyak. batu high kalori disana yang banyak. kalo kalsel banyaknya low kalori

      Delete
    2. yang bagus yang mana mang yang high kalori atau low kalori?

      Delete
    3. Nah kalo ini tergantung penggunaan batubaranya kang denny. Misa jika batubara untuk Pltu karen di sting dhn batu bata low maka bagi pltu ini yg bagus adalh batul low. Tp untuk pelebutan besi biasanya yg di pakai batu hight. Baik buruknya bergantung pengunaan

      Delete
  17. ini salah satu tambahan wawasan saya ketika mengunjungi zodized mas.
    soalnya saya jarang nemu blog yg mengupas batubara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terrimakasih kang yanto saya sangat terharu.......

      Delete
  18. wah, ternyata banyak juga penyusunnya. Beberapa kandungannya saya nggak cukup familiar.

    ReplyDelete
  19. wah ternyata kandungan penyusun batu bara banyak juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia untuk itulah perlu yang namanya dunia analisa batubara mba untuk mengetahui nya

      Delete
  20. Batu bara itu milik kita banyak yah...

    ReplyDelete
  21. Wahahahah urusan BATU BATUAN ya. Ini batu bara
    Kalau di Pontianak sedang Booming Batu Akik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dikalsel juga batu akik yang lagi rame.

      Delete
    2. Anonymous10/4/15 16:11

      kalau di banjarmasin sih dari dulu juga udah ramai batu akik. apa lagi kalau dimartapura. saya juga dulu tinggal di banjarmasin di daerah sungai lulut sama banjarbaru. kebetulan ada juga keluarga di martapura yang kerja batu akik, sehingga lumayan kenal batu mulia dari dari keluarga. pas ramai-ramainya batu bara, jadi ikut kawan kerja batu bara. tapi sekarang udah dipontianak dan kerja di bidan kesenian. tapi masih menyalurkan hoby ngeblog mangs.

      Delete
  22. keren nich, baru pertama kali ini saya menemukan seorang Blogger sekaligus pengusaha batubara.. mantabs mas,, semoga sukses selalu..

    ReplyDelete
  23. Anonymous10/4/15 16:09

    kalau pembentukan Nitrogen pada batubara kayaknya bukan pada proses pemanasan kayu sampai menjadi fosil lalu dibakar lagi menjadi batu bara. namun kalau pembentukan nitrogen kayaknya pengaruh sedimen tanah yang menyebabkan nitrogen dalam batu bara mempunyai kandungan sedikit. itu hanya pendapat saya....kebetulan pernah mengerjakan batu bara juga sewaktu di banjarmasin mang. dan pada beberapa bagian saya sempat juga di jelaskan apa itu batu bara dan segala tetek bengeknya, jadi para pekerja tau batu bara yang baik itu bagaimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mbah. nitrogen juga berasal dari tumbuhan pembentuknya seperti protein yang ada dalam tumbuhan atau senyawa-senyawa dalam daun - daunan dan akar akaran.

      Delete
  24. bahasannya ilmiah sekali auuw

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar