Manfaat Ubi Jalar

Pemirsa zodized, tidak seperti yang saya tulis sebelumnya masalah batubara dan antek  -anteknya, kali ini saya tertarik untuk membuat label baru, yaitu manfaat. Memang betul kali ya blog saya tidak karuan tapi tidak apalah. Begini adanya kita syukuri.
Berkaitan dengan ketertarikan saya membuat label baru karena saya membaca sebuah keterangan dari teman saya tentang manfaat Ubi jalar. Oia sepertinya ga jadi bikin label baru saya masukan ke label Kiriman saja deh. hehehehehe.......
Memang kesana kemari blog saya ya....:)

Oia langsung ke judul saja ya biar tidak ngaler ngidul

Manfaat Ubi Jalar

Permirsa zodized, sebelumnya saya belum tahu apa manfaat ubi jalar selain sebagai makanan cemilan ( di rumah ) dan sebagai ganjal perut sebelum masuk nasi.( rakus ya) hahaha......
Ternyata  ada segudang manfaat ubi jalar.

Setelah saya cari info dari teman saya dan temennya temen saya ubi jalar banyak sekali mengandung vitamin di antaranya A, C dan E, beta karoten, magnesium, kalium dan juga kaya antioksidan.

Luar biasa ternyata ubi jalar nih.

Nambah lagi nih menurut Komisi Sweet Potato North Carolina, (keterangan ini saya dari temen) dari 58 jenis sayuran yang diteliti, ditemukan bahwa ubi jalar adalah termasuk makanan dalam daftar terbaik. Ubi jalar adalah makanan manis yang bebas lemak, namun ia mengandung 769% dari kebutuhan harian vitamin A dan 65% vitamin C dalam satu porsi (sekitar satu cangkir).
Berdasarkan RDA, nutrisi tertinggi dari ubi jalar adalah vitamin A yang mencapai 14.187 IU. Ini berarti hampir sama dengan vitamin A dalam wortel yaitu yang berjumlah 16.706 IU dengan berat 100 gr bahan.
Ubi jalar juga mengandung tinggi magnesium, seng dan vitamin B, sebuah kombinasi nutrisi yang telah terbukti bermanfaat membantu penyembuhan dan mengurangi rasa sakit karena radang sendi dan pembengkakan.

Nah jadi cemilan saya yang biasa dibuatkan istri ternyata sangat banyak sekali kandungan vitaminnya.
Dan ternyata banyak manfaatnya.

Dengan kandungan ubi yang bejibun tadi maka ubu jalar bisa bermanfaat untuk :


  • Mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung, karena memiliki kemampuan untuk menstabilkan gula darah dan resistensi insulin yang lebih rendah. Karotenoid dalam ubi jalar yang bermanfaat dapat mengatur kadar gula darah. 
  • Ubi jalar merupakan makanan yang baik untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan nyeri sendi arthitis, karena ia kaya akan mineral. 
  • Tinggi serat, sehingga mengurangi resiko kanker usus dan sembelit. 
  • Beta-karoten yang terkandung dalam ubi jalar adalah anti-oksidan kuat yang membantu untuk melawan radikal bebas. 
  • Kalium tinggi yang ditemukan berfungsi untuk menjaga keseimbangan antara cairan dan elektrolit serta integritas sel. 
  • Ubi jalar ini juga dapat mengurangi tekanan darah. 
  • Jika dikonsumsi secara teratur, bisa meredakan peradangan pada lambung dan usus pada maag kronis. 
  • Kalsium tinggi dan zat besi membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan dapat meningkatkan kepadatan tulang. 
  • Ubi jalar juga baik untuk membantu penderita imsomnia. 
  • Baik untuk mencegah stroke, karena menghambat pembekuan darah. 
  • Makan ubi jalar juga dapat membantu agar kulit terlihat lebih cerah, dan kelihatan lebih muda.
  • Kandungan tinggi beta-karoten dapat mengubah vitamin A dalam tubuh menjadi DNA yang bertujuan menghasilkan sel-sel kulit baru


Nah jadi itu dia manfaat Ubi jalar yang biasa jadi cemilan saya.
Hanya 1 efeknya entah ini ada kaitannya atau tidak, jika makan ubi banyak - banyak suka sering kentut. hehehehe....

Jadi mungkin harus tambah satu lagi manfaat ubi jalar memperlancar kentut. :)


Salam sukses penikmat ubi

4 comments for "Manfaat Ubi Jalar"

  1. wah ternyata ubi jalar juga banyak manfaatnya toh mas
    saya baru tau nih.
    paling enak makan ubi disaat grimis sambil ngopi.mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kang yanto. mantap deh dinikmti dengan secangkir kopi hangat di pagi hari...... top markotop

      Delete
  2. ee ketemu lagi sama kang yanto...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kang redo. kang yanto nih inspirtor saya kang. yang menyemangati ngeblog.

      Delete

Silahkan berkomentar