Manfaat Kentang

Oia Ke ingetan Sebelum membahas kentang dan manfaatnya. Saya suka kalau melihat polisi baik seperti ini. Tidak main tilang tidak main catat. Kalo salah dibaikilah seperti foto ini biar jadi bener. Jangan main tilang. Kami akan segan pada anda jika seperti ini. Malu juga jika terus melanggar. Selamat Buat Pok Polisi yang baik hati. Pertahankan dan perbanyak jenis anda. karena anda adalah panutan kami bukan tempat kami mengumpat, mencaci maki apalagi menyumpahi mati mendadak. Semangat Terus Pak Polisi. Saya mendukung Tugas Anda.

hehehe udah ah. Oke lanjut kalau begitu.
Pemirsa zodized, setelah sebelumnya saya menuliskan tentang manfaat ubi saya sekarang jadi ngecek juga apa manfaat kentang?
Kenapa saya jadi ingin mengecek manfaat kentang, karena saya yang ingin diet dengan cara mengurangi asupan karbohidrat dengan tidak sarapan. Menurut  istri saya mending daripada di hilangkan sama sekali asupan karbohidrat saat sarapan coba deh ganti dengan Kentang daripada nanti malah sakit jika di stop sama sekali. Begitu jarnya.
Teori saya awalmulaya kenapa ingin mengurangi asupan karbohidrat untuk diet karena karbohidratlah yang menyebabkan kita gemuk. Seperti dalam artikel ini lemak jenuh meningkat ingin tau kenapa? so menurut saya ya kurangi aja makan nasi dan menurut bang OCD hilangkan sarapan. :)

Tapi terlepas dari itu saya masih penasaran dengan manfaat kentang dan kenapa saya disarankan ganti makannya dengan kentang setidaknya sarapan kentang.

Setelah saya cari - cari ini dia kandungan yang ada dalam kentang :

Ketika sebuah kentang besar direbus bersama dengan kulitnya, 300 gram kentang mengandung 261 kalori, 5,6 gram protein dan 0,3 gram lemak. Jika anda mengupas kentang sebelum perebusan, Anda akan kehilangan sekitar setengah gram protein, tapi isi kalori dan lemak tetap sama. Dikupas atau tidak, kentang rebus mengandung 5,4 gram serat, dan 2,6 gram gula alami.

Kandungan kentang rebus lainnya yang jarang diketahui adalah tingginya kandungan Vitamin B-kompleks. Vitamin B kompleks membantu membentuk sel-sel darah tubuh Anda dan mengurai energi dari protein, karbohidrat dan lemak dari makanan yang Anda makan. Sebuah kentang rebus ukuran sedang mampu mencukupi setengah dari vitamin B-6 harian yang dibutuhkan tubuh, serta sekitar 30 persen dari asupan harian thiamin dan niacin yang direkomendasikan.

Tidak cukup sampai disitu saja, Kentang rebus juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup banyak. Hanya saja ketika Anda mengupas kentang tersebut sebelum direbus, kandungan vitamin C nya akan turun hingga 50%.

Karena kentang termasuk dalam umbi-umbian, kentang dikenal memiliki kandungan mineral yang cukup kaya seperti magnesium, fosfor, dan potasium. Mineral-mineral tersebut berperan penting untuk membantu Anda membangun tulang, jaringan saraf dan fungsi otot. Sebuah kentang rebus dengan ukurang besar mampu mencukupi seperempat kebutuhan harian kalium yang direkomendasikan. Tidak hanya itu, kentang rebus yang tidak dikupas mampu mencukupi seperlima dari magnesium dan fosfor yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Dengan kandungan yang banyak tersebut maka kentang bermanfaat :

1. Pencegahan kanker

Vitamin B6 pada kentang ampuh melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu kanker, dalam hal ini adalah kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. Mengkonsumsi kentang akan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh dan telah banyak studi yang membuktikannya.

2. Mengurangi kadar kolesterol

Manfaat kentang dalam mengurangi kadar kolesterol berasal dari kandungan zat potasium yang cukup banyak dalam dirinya. Seperti yang dapat kita temui pada manfaat pisang, zat potasium membantu menghalangi penumpukan kolesterol dalam darah. Kalori yang rendah pada kentang, dapat menjadi menu diet rendah kolesterol anda, tentu saja tanpa di goreng.

3. Mengurangi resiko batu ginjal

Memang pada kentang kandungan kalsium dan zat besi dapat memicu pembentukan batu ginjal, namun magnesium yang kaya pada kentang dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Pada orang-orang penderita batu ginjal, kentang bukan merupakan makanan yang ‘haram’ bahkan beberapa menu diet juga melibatkan kentang.

4. Kesehatan Tulang

Kentang sangat baik untuk tulang, kandungan zat besi yang terdapat pada kentang memastikan ia sangat membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Zat Besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng yang ada dalam kentang merupakan kombinasi sempurna untuk membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Asupan natrium harus dikurangi agar dapat membantu dalam hal menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium cukup penting untuk menurunkan tekanan darah ini. Sumber zat lain seperti kalium, magnesium, dan kalsium  merupakan zat yang dipercaya dapat menurunkan anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

6. Kesehatan Jantung

Ada banyak zat gizi yang terdapat di dalam sebuah kentang yang dapat mendukung kinerja jantung yang sehat, Serat, kalium, vitamin C dan vitamin B-6 adalah beberapa diantaranya. Kentang juga tidak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi semuanya sangat baik untuk Jantung.

7. Membangun dan pembentukan sel

Vitamin B6 merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan untuk melakukan pemrosesan reaksi kimia yang dibutuhkan untuk membentuk sel dalam tubuh. Vitamin B6 dibutuhkan lebih dari 100 reaksi enzimatik, enzim sendiri adalah protein yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Sebagian besar protein dan asam amino membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh. Untuk itu vitamin B6 ini juga dibutuhkan untuk pembuatan sel sel baru dalam tubuh kita.

8. Kesehatan Otak & Saraf

Kandungan vitamin B6 yang tinggi juga sangat membantu kesehatan otak dan membantu dalam proses transmisi yang dilakukan dalam saraf.


Sebenarnya dari pencarian saya ini belum menemukan alasan kenapa saat mau diet dianjurkan makan kentang. Saya hanya menemukan kata serat saja. Yang mungkin bisa memperlancae pencernaan.

Pencarian sayapun berlanjut dan mendapatkan informasi seperti ini, kentang dapat menyerap kandungan lemak dalam tubuh dan membuangnya dalam kotoran. Saya belum tau kandungan yang mana yang bisa menyerap lemak.
Tapi mungkin inilah  yang banyak diketahui oleh  istri saya seperti halnya manfaat ubi yang baru saya tau, sehingga istri saya menyarankan mengkonsumsi kentang saat sarapan.

Walaubagaimanapun orang yang perhatian pada kita akan memberikan saran yang terbaik bagi kita. So tetap semangat, sayang dan saling menghargai dan menghormati.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Kentang"

Post a Comment

Silahkan berkomentar