Polyakov

Polyakov adalah orang yang bisa dikatakan 'gila' dalam dunia luar angkasa, betapa tidak hanya orang inilah yang menawarkan diri menjadi kelinci percobaan hidup lama di luar angkasa.

Kegilaannya terjadi pada tahun 1988, Polyakov pernah tinggal 240 hari di stasiun luar angkasa Mir. . Padahal, tinggal di kaleng sempit selama lebih dari setahun, di luar Bumi, tanpa interaksi dengan manusia lain adalah horor psikologis, namun ia ingin membuktikan bahwa pikiran manusia bisa dikondisikan untuk itu.

Dan tak hanya bisa sakit jiwa, terlalu lama hidup dalam kondisi nol gravitasi berisiko menyebabkan hilangnya massa otot dan berkurangnya kepadatan tulang.

Kegilaan kedua terjadi Pada 8 Januari 1994 dan ini lebih 'gila' lagi. Setelah tinggal  437 hari, 17 jam, dan 58 menit, Polyakov kembali ke Bumi pada 22 Maret 1995. Kali itu ia ngotot berjalan dari kapsul ke sebuah kursi. Untuk membuktikan ketahanan tubuhnya. 


Philip Baker, dalam bukunya, 'The Story of Manned Space Stations' mengisahkan, adalah pencapaian besar bagi Polyakov mampu berjalan dari kapsul yang baru mendarat di  Kazakhstan.


Astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Norman Thagard  yang menyaksikan adegan itu melaporkan, Polyakov terlihat besar dan kuat. "Sepertinya dia masih mampu bergulat lawan beruang,"

Kelakuan 'gila' Polyakov merupakah rekor yang tertinggi dan belum ada yang mampu memecahkan rekor ini.

Dari kelakuakn 'gila' polyakov ini para peneliti menemukan bahwa manusia mampu memepertahankan kondisi mental dalam waktu lama diluar angkasa. 

Diketahui Polyakov meski tidak mengalami pungsi kognitif tetapi mengalami penurunan suasana hati dan peningkatan beban kerja selama beberapa minggu setelah kembali kebumi.


Sember : news.liputan6.com

2 comments for "Polyakov"

  1. bener2 kuat ketahanan tubuh polyakov yamas,makanya pantas jika disebut "gila"

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar