2 Ekso Planet Mirip Bumi

Pemirsa, teleskop kepler yang diluncurkan sejak 2009 lalu telah banyak memberikan informasi bagi NASA. Setdaknya sekitar 1000 eksoplanet sudah dipindainya.
8 dari 1000 eksoplanet yang sudah dipindai diperkirakan bisa menopang kehidupan manusia. Bahkan 2 diantara 8 eksoplanet pindaian kepler mirip dengan bumi.

"Kebanyakan dari plenet tersebut mungkin tersusun dari batuan seperti Bumi," kata penulis studi Guillermo Torres dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CfA) dalam pernyataannya, seperti zodized.in kutip dari situs sains SPACE.com, Rabu (7/1/2015)

Kedua Eksoplanet itu bernama Kepler-438b dan Kepler-442b.

Kepler-438b, yang jaraknya 470 tahun cahaya dari Tata Surya kita, hanya 12 persen lebih lebar dari Bumi dan punya peluang 70 persen tersusun dari batuan. Sekali mengorbit bintangnya, planet tersebut menghabiskan waktu 35 hari, dan menerima energi 40 persen lebih banyak dari yang diterima Bumi dari Matahari.
Kepler-442b sekitar sepertiga lebih besar dari Bumi. Peluangnya tersusun dari batuan sekitar 60 persen. Sekali mengorbit bintangnya, ia menghabiskan waktu 112 hari. Ia mendapatkan dua pertiga energi yang diterima Bumi dari Matahari. Menurut para ilmuwan, jaraknya sekitar 1.100 tahun cahaya dari Bumi.

David Kipping, dari CFA berkata "Kami tidak tahu pasti apakah salah satu planet dalam sampel kami benar-benar layak huni. Setidaknya mereka adalah kandidat" 

Dalam hasil analisa ini memang banyak hal yang belum pasti seperti komposisi planet, suhu planet, termasuk udara atmospheremya. 

Dari 1000 kandidat pindaian kepler itu didasarkan pada analogi sistem bumi dan matahari,  90 % nya sudah terpalidasi. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2 Ekso Planet Mirip Bumi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar