Batubara Dimusim Hujan Hati - Hati Kadar Abu Bisa Tinggi

Pemirsa, kali ini sudah mulai memasuki musim hujan. Batubara yang biasanya bersuhu tinggi sekarang tidak begitu ceritanya karena hampir setiap hari diguyur hujan.
Masalah suhu tinggi terselesaikan oleh managemant stokpile yang baik dan alam. Coba saja terus pantau pergerakan suhunya denga cek temperature untuk memastikan. Tapi hati - hati jika hujannya sering berhenti terus hujan lagi terus berhenti lagi. Bisa - bisa terjadi kebakaran yang lebih cepat. ( Batubara bisa terbakar sendiri ) tapi setidaknya denga prekuensi hujan dan mendung yang terature mengurangi bahaya terbakarnya batubara.
Namun Jangan salah jika kita tidak cepat perhatian dengan datangnya hujan masalah lain akan timbul, apa itu?
Yaitu Kontaminasi ash.
Kontaminasi kadar ash padabatubara saat ditambang waktu hujan biasanya menjadi ciri has karena kita terlena oleh musim kemarau.
Saluran - saluran air yang membawa debu -debu yang menjadi lumpur tidak terperhatikan sehingga masuk kedalam tambang terbuka dan manjadi pengotor.
Selain itu jalan - jalan yang tadinya padat tiba - tiba menjadi lebih lembek sehingga ban loader truk - truk yang menginjak jalan tersebut bisa membawa tanah menuju stokpile atau tambang terbuka.
Jika ini tidak diperhatikan bahaya kenaikan kadar abu bisa menjadi masalah baru dimusim hujan.
Sebelumnya saya telah menulis berbagai bentuk kontaminasi pada batubara dan salah satu yang banyak terjadi adalah pada waktu musim hujan.
Jadi hati - hati kenaikan kadar abu pada musim hujan. Penyusunan aliran air dan trasportasi truk dan loader menjadi harus lebih diperhatikan.

Semoga bermanfaat...




Subscribe to receive free email updates:

47 Responses to "Batubara Dimusim Hujan Hati - Hati Kadar Abu Bisa Tinggi"

  1. harus extra hati2 bila lagi musim hujan gini yamas

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas yanto. lumpur - lumpur pada masuk tambang

      Delete
    2. kayaknya sama, baik musim hujan maupun musim panas para pekerja batu baru tetap harus berhati-hati. karena batu bara banyak mengluarkan kotoran, baik debu dan lainnya. bukan begitu gan?

      Delete
    3. pasti licin banget tuh

      Delete
    4. ngga pake banget juga licin mah udah pasti terjerembab atuh mang

      Delete
    5. Ia mbah kalo ujan yang seperti itu licin banget seperti kata kanga anak nelayan, kalo panas yang debunya bukan main.

      Delete
  2. Keadaan cuaca sekarang juga tidak menentu. Kadang kala hujan, kadang kala sangat panas dan kering. Pokok pangkalnya harus hati-hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar gak kena efeknya, Batu baranya harus dikarungin mba :p

      Delete
    2. dibawa ke rumah saya juga boleh :)

      Delete
    3. sekarung doang?
      buat apaan sih?

      Delete
    4. Kalo pake karung banyak bingits karungnya.
      Kecuali mbanya yang di karungin. hehehehe pisssss mba.

      Delete
  3. kalau sudah berlalu dari musim hujan, kita juga harus berhati-hati dari debu yang mulai banyak... betul kang? tapi yang perlu diperhatikan lagi untuk musim kemarau, adalah kebaran hutan yang diakibatkan kekeringan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah kebakaran hutan sebenarnya tidak di sebebkan batu bara. namun itu lebih kepada permainan perkebunan sawit aja. kalau batu bara memang banyak debu yang harus diperhatikan secara khusus.

      Delete
    2. wah-wah-wah ilmu baru nih. kaitannya kebakaran sama kebun sawit.

      Delete
  4. jangankan musim hujan ngga musim hujan aja juga abu batu bara ya gituh deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggalnya di dekat pabrik batu bara ya?

      Delete
    2. kalo sayah memang dekat tambang batubara kang.

      Delete
    3. berarti kenal dengan kosmos batubara ya

      Delete
    4. kosmosbatubara ga kenal saya kang.

      Delete
  5. ternyata batu bara ada mengeluarkan kotoran abu juga ya mang. ini akan bermasalah pada jalan dan lokasi penambangan. yang jelas akan menambah masalah pada jalan menuju stokpile dan lokasi penambangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kadar moisturenya juga gak yah, seperti gandum ada kadar abu, Ash dan mositure :D

      Delete
    2. Betul banget Mbah. Gara2 hujan bisanya tambah stop jln nya licin. atau tambang kerendem banjir.
      Gara-gara debu didemo masyarakat. itulah likaliku perbtubaraan

      Delete
    3. menyimak para pakar batubara di atas aja deh saya

      Delete
  6. Hujan bisa menyebabkan batubara nyala dengan sendirinya? kok bisa... kan air...., kalau di sambar petir baru nyala, itu baru wajar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini dia pertanyaan yang saya suka. hujan disini adalah ketika hujannya tdk teratur, kadang hujan kadang tidak ini yang membuat batubara makin cepat terbakar sendiri.
      Pada dasarnya batubara yang sudah terpapar di udara bisa terbakar sendiri. Hujan yang kadang ada kadang engga bisa menambah cepat terbakar alsannya adalah HUMIDITY btubara itu sendiri.
      Apabila penguapan air pada saat terjadi oksidasi dapat di kurangi maka pemanasan batubara akan berkurang, dan sebaliknya jika penguapan bertambah makan akan semakin cepat terbakar. Itulah sebabnya saat kondisi hujan panas bergantian menyebabkan batubara cepat terbakar.

      Delete
    2. lengkapnya jika penasaran sudah saya link kan di atas. betubara bisa terbakar sendiri

      Delete
  7. Wow, licin sekali itu yah.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus hati-hati biar biar gak terpeleset

      Delete
    2. Betul sekali sangat licin. Mobil kecil seperti jenis avanza sudah pasti kelelep.

      Delete
  8. saya bayangin seandainya jadi sopir nya, pasti seru kayak off-road

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu yang saya suka. hahahhaha

      Delete
  9. brarti bahaya juga ya, yg dekat dg lokasi penambangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang bahaya banget. makanya sering terjadi percekcokan. tp sekrang udah engga sih. aman

      Delete
  10. Batu bara bisa terbakar dengan sendirinya kerena perubahan suhu yang cepat kayak ujan, berhenti, terus ujan lagi..gitu ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu sehingga humiditynya berubah kang

      Delete
  11. terus setelah terkontaminasi ash pengaruhnya terhadap batubara kenapa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadar abu tinggi harga murah bahkan bisa tidak laku kang. kalori turun kang

      Delete
  12. bisa terjadi kebakaran gmna ya mas?masa sih bisa kebakaran?hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga percaya nih. kudu main nih ketempat sayah....

      Delete
  13. harus bener hati2 ya kang, apalagi dimusim hujan sekarang ini , ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali kang.pas bisa terpleset

      Delete
  14. Terlalu beresiko sekali mas , kalau sampai kebakaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia itulah lika liku perbatubraan yang muda

      Delete
  15. Harus pakai masker kalo berada di sekitar batubara..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia wajib pakai masker kalo mau terhindar debu.

      Delete
  16. batu bara kalu basah itu bisa dinyalain apa gak mas.?

    ReplyDelete
  17. Nyimak aja deh Mas... D daerahku soalnya gx ada batu bara...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar