7 Fakta Bima Sakti

Urusan luar angkasa biasanya kita sering menjadikan NASA sebagai acauan info, nah tahukah kita ternyata ada 7 fakta unik seputar bima sakti.

Berikut faktanya :

1. Bimasakti adalah kanibal

Ternyata galaksi bima sakti aktip memakan galaksi-galaksi kecil disekitrnya.
Salah satu galaksi yang diketahui pernah menjadi korban kanibalisme galaksi kita adalah galaksi kerdil Sagitarius.Selain itu, saat ini Galaksi Bima Sakti tengah 'memakan' galaksi Canis Major dengan sedikit demi sedikit membajak bintang-bintang milik galaksi kerdil tersebut.
2. Gambar Galaksi yang sering kita lihat Hanya 10 % nya saja.

Percaya ataupun tidak itulah kenyataannya. Lihat saja pada gambar - gambar yang sering dipampang banyak sekali disekitarnya yang gelap-gelap dan ternyata itu 90 % bagian dari galaksi bima sakti materi gelap.


3. Galaksi bima sakti melahirkan 7 bintang baru pertahun

Ini dia ternyata tidak hanya manusia dan binatang galaksipun 'melahirkan'.
Tercatat galaksi bimasakti dapat melahirkan 7 bintang baru pertahun.

4. Semua gambar galaksi bima sakti adalah palsu.

Coba kita bayangkan, bagaimana kita bisa memotret galaksi bima sakti dari luar galaksi sementara diameternya 100.000-120.000 tahun cahaya siapa yang bisa keluar dengan jarak sejauh itu.
Adapun gambar - gambar yang biasa kita lihat adalah prediksi para ahli, merupakan ilustrasi saja. 

5. Umur Bima Sakti hampir sama dengan umur Alam semesta

Ilmuwan memperhitungkan bila umur dari Galaksi Bima Sakti adalah sekitar 13,6 miliar tahun, atau hampir sama dengan umur alam semesta yang diketahui sekitar 13,7 miliar tahun.
Hal ini diperkuat dengan penemuan bintang di gugusan bintang 'globular'. Bintang tersebut diklaim menjadi yang tertua di Galaksi Bima Sakti dan mempunyai umur hampir setua alam semesta
6. Ada lubang Hitam ditengah galaksi
Hampir semua galaksi di alam semesta diketahui mempunyai lubang hitam di bagian tengahnya, begitu juga Galaksi Bima Sakti.
Lubang hitam atau 'blackhole' yang berada di pusat galaksi bima sakti tercatat mempunyai bobot sekitar 40.000 matahari dan mempunyai panjang 22,5 juta kilometer. Blackhole bernama Sagitarius A* tersebut masih terus memakan semua bintang atau planet yang ada di dekatnya.
7. Putaran galaksi Bima sakti adalah 600 Km/detik
Luar biasa sangat cepat seperti cahaya. Dengan kecepatan seperti ini andaikan ada yang mangahalangi lintasannya sudah pasti terlahap atau menimbulkan ledakan supeer dahsayat.
Nah itulah pemirsa 7 pakta Bima sakti.
Oia brarti kita ini sedang bergerak sangat cepat sekali karena kita sedang berada dalam galaksi bimasakti. Masya Alloh kita tidak merasakannya andaikan merasakannya hancur sudah diri ini tercabik - cabik.

Post a Comment for "7 Fakta Bima Sakti"